-->
Induksi Elektromagnetik
Induksi Elektromagnetik

Induksi Elektromagnetik

Pengertian ini tidak susah. Coba lihat sekilas dari kata-kata nya udah tahu bahwa ini pasti ada hubungannya dengan listrik dan magnet. Yup, lanjutkan membaca sahabat bagifisika.com, karena pembahasan di web ini membuat yang ga ngerti jadi ngerti. Sok atuh di lanjutkan.

Pengertian Induksi Elektromagnetik

Induksi elektromagnetik itu ialah suatu proses yang dapat menghasilkan tegangan atau disebut juga dengan gaya gerak listrik medan magnet yang di lewati oleh suatu kumparan atau konduktor.

Dari pengertian ini, ada istilah gaya gerak listrik. Apakah itu?
Gaya gerak listrik merupakan tegangan atau beda potensial yang terdapat pada ujung- ujung penghantar. Gaya gerak listrik sering disingkat menjadi GGL.

Percobaan Sederhana Induksi Elektromagnetik, Menghasilkan Listrik Tanpa Baterai

Dengan adanya pengetahuan tentang induksi elektromagnetik, kita dapat membuat listrik tanpa baterai. Kita dapat mengganti baterai atau sumber tegangan dengan magnet, seperti pada percobaan induksi elektromagnetik berikut.



Pada gambar a, b, dan c magnet batang digerakkan masuk dan keluar kumparan. Hal ini menyebabkan jarum galvanometer bergerak. Hal ini memperlihatkan terdapat adanya aliran listrik. 

Ada beberapa istilah yang mesti diketahui berhubungan dengan induksi elektromagnetik. Yuk, kita bahas satu persatu.

Fluks Magnetik

Fluks magnetik adalah jumlah garis gaya magnet yang menembus suatu luasan bidang tertentu. Besarnya fluks magnetik tergantung dari kuat medan magnet, luas penampang bidang yang ditembus serta besarnya sudut yang dibentuk antara normal bidang dengan garis gaya magnet/

Secara matematis dapat ditulis:

Penjelasan Pengertian Fluks Magnetik

Baca juga:

Admin
Hanya mencoba menulis dan berbagi ilmu.
Previous
This Is The Oldest Page